bagaimana cara kerja iot
09
Jan

Bagaimana Cara Kerja IoT Manfaat Hingga Penerapannya

Optimaxx – Istilah IoT atau Internet of Things tentunya sudah sering Anda dengar, apalagi di era saat ini karena peran teknologi juga penting dalam kehidupan, namun sebenarnya apakah itu? Serta bagaimana cara kerja IoT? karena banyak juga yang pastinya belum terlalu akrab dengannya, meskipun manfaatnya sendiri mungkin sudah dirasakan dalam kehidupan. Karena sudah cukup lama di Indonesia juga memanfaatkan IoT.

Kenalan Dengan IoT Serta Bagaimana Cara Kerja Iot

Tentunya penting untuk mengenal sebenarnya apa itu IoT, pada dasarnya Internet of Things ini sendiri merupakan sebuah teknologi pintar yang diterapkan dalam sebuah perangkat elektronik. Jadi dengan adanya IoT ini memungkinkan bagi setiap perangkat teknologi untuk bisa dikendalikan dari jarak jauh yaitu dengan mengandalkan smartphone yang Anda miliki.

Teknologi yang satu ini merupakan sebuah kecerdasan buatan yang banyak berkembang pada saat ini setelah hadirnya telepon pintar atau smartphone. Kecerdasannya juga sudah banyak diterapkan di negara-negara maju layaknya Jerman, Cina serta beberapa negara lain di Eropa.

Sebenarnya cara kerja IoT ini adalah dengan menghubungkan perangkat yang punya Ip address yang unik kedalam internet, sehingga dapatberkomunikasi antara satu dengan yang lainnya. cara kerja IoT tidak terlepas dengan hadirnya beberapa komponen penunjang lain, seperti diantaranya adalah sensor, kamera sampai dengan speaker yang memang dapat memantau serta mengirimkan informasi ke cloud ataupun perangkat yang lainnya.

Bagaimana Cara Kerja IoT Serta Komponen-Komponen Yang Mempengaruhinya

Sebelumnya wajib tahu bahwa bagaimana cara kerja IoT ini memang tidak bisa sendirian, melainkan ia bisa bekerja dipengaruhi oleh beberapa jenis komponen yang mendukungnya, seperti diantaranya adalah:

  1. Sensing, ini adalah sebuah komponen yang dipakai sebagai penginderaan dari IoT, biasanya ia bekerja dengan embed yang digunakan untuk penanamannya.
  2. Konektivitas, tentunya IoT ini tidak akan bisa bekerja tanpa adanya konektivitas yang berguna untuk menggabungkan antara perangkat sensor serta akuator dan cloud, dimana nantinya akan menghasilkan sebuah tindakan.
  3. IoT Cloud, Berfungsi sebagai fasilitas yang berhubungan dengan data.
  4. IoT data analytic, selanjutnya semua akan diproses serta dianalisis pada komponen yang satu ini, data analog yang diterima akan secara langsung dianalisis setelah diterima oleh sensor.
  5. Perangkat serta interface, pada tahap selanjutnya maka ada tampilan yang akan dilihat lewat sebuah perangkat yang nantinya dijadikan sebagai alat kontrol IoT bagi pengguna tersebut.

Bagaimana Cara Kerja IoT Bisa Bermanfaat Bagi Manusia

Setelah melihat tentang bagaimana cara kerja IoT tersebut tentunya tidak heran jika banyak perusahaan yang kemudian memanfaatkannya di dalam produk mereka, apalagi sebenarnya ia juga memberikan begitu banyak manfaat dalam kehidupan, diantaranya adalah:

  1. Meningkatkan pengalaman pengguna, dengan adanya optimalisasi dari setiap tindakan, maka bukan hal yang mengherankan bahwa dengan adanya IoT ini akan berdampak pada pengalaman penggunanya. Misalnya ketika ada sensor yang dipasangkan dalam mobil untuk mengetahui adanya masalah atau kerusakan. Informasi adanya kerusakan tersebut akan langsung diterima oleh pabriknya, jadi ketika dilakukan service, maka pabrik akan tahu bahwa bagian yang rusak tersebut sudah diperbaiki dengan benar.
  2. Membantu peningkatan pemanfaatan teknologi yang ada, ada banyak teknologi yang disematkan dalam IoT ini, semuanya kembali lagi akan dirasakan oleh penggunanya, apa saja masalah yang terjadi di dalam produk tersebut, termasuk juga penanganan yang harus dilakukan agar bisa lebih tepat.
  3. Pengambilan keputusan terbaik, lewat IoT yang berhasil menganalisis adanya masalah yang terjadi pada alat atau mesin buatannya, maka bisa diambil keputusan secara tepat solusi yang harus dilakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Pengambilan keputusan ini nantinya akan mengarah kepada pengelolaan sumber dayanya.

Bagaimana Cara Kerja IoT Diterapkan Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Sadar atau tidak sebenarnya IoT ini sekarang sudah banyak diterapkan atau dipakai dalam kehidupan sehari-hari, bahkan berbagai bidang sudah menggunakannya. Berikut ini bagaimana cara kerja IoT dan penerapannya dalam kehidupan, yaitu:

  1. Kesehatan, salah satu bidang yang paling banyak menggunakan IoT adalah kesehatan, contohnya saja adalah penyimpanan data rekam medik dari pasien tersebut, jika dulu ketika pasien berobat maka tenaga kesehatan harus mencari datanya satu persatu terlebih dahulu, maka sekarang ini sudah tidak berlaku lagi hal demikian, karena memang untuk datanya sudah ada di database yang bisa secara mudah diakses hanya dengan beberapa detik saja, sudah akan muncul rekam medis mereka. Jadi hasil yang diterima juga akan lebih akurat, bisa mencegah terjadinya human error. Hal tersebut pastinya juga akan mempermudah pendampingan untuk mengetahui respon terkait dengan penyakitnya.
  2. Keuangan, selanjutnya adalah di bidang keuangan yang juga tidak kalah penting, karena transaksi semacam ini juga terjadi sehari-hari, contoh paling sederhananya adalah pemindaian data QR, ketika melakukan pembayaran hal ini bisa dilakukan secara lebih mudah, sehingga transaksi jadi lebih cepat. Adanya IoT juga akan membuat setiap transaksi Anda jadi lebih aman karena sudah ada verifikasi yang dapat dilakukan dengan memakai teknologi AI yang bisa mengidentifikasi wajah maupun KTP.
  3. Manufaktur, pada bidang yang satu ini juga sudah banyak memakai IoT, rata-rata sekarang ini mesin sudah dimonitoring dengan memakai IoT serta hasilnya juga lebih realtime. Berbeda dengan dulu dimana setiap mesin yang dipakai ketika rusak maka harus lewat berbagai sarana untuk mengidentifikasi terjadinya kerusakan, maka sekarang dapat dilakukan secara lebih mudah.
  4. Pertanian, pada bidang pertanian sendiri juga sudah mulai memakai IoT, khususnya adalah dengan menggunakan sebuah perangkat lunak atau software. Sistem ini nantinya berguna untuk melakukan prediksi mengenai kapan petani tersebut harus menanam tanaman sampai dengan rencana pengairan.
  5. Bidang transportasi, bukan hal yang baru lagi jika seandainya dalam bidang ini banyak mengandalkan IoT, misalnya saja untuk taksi online, kemudian juga jasa ekspedisi sampai dengan keberadaan fitur untuk parkir sendiri juga sudah pakai IoT, sehingga dapat mengurangi resiko terjadinya kecelakaan.
  6. Smart home, yaitu perangkat cerdas yang ada di dalam rumah tangga, hal ini sangat mempermudah hidup. Apalagi dengan banyaknya perangkat elektronik saat ini yang nyatanya sudah terhubung dengan keberadaan dari smartphone.

Itulah beberapa informasi tentang IoT mulai dari bagaimana cara kerja IoT hingga pemanfaatannya. Anda yang sedang menjalankan sebuah bisnis juga bisa menggandeng perusahaan untuk penerapan IoT ini, di Indonesia sudah banyak perusahaan yang menawarkan layanan ini, salah satunya adalah Optimaxx dimana kami  sudah berpengalaman sejak lama, bahkan klien kami sendiri cukup banyak dan puas, sehingga tidak perlu ragu.