ansys fluent adalah
10
Jan

Ansys Fluent Adalah Software Simulasi Fluida Masa Kini

Optimaxx – Salah satu konsep yang ada dalam cabang ilmu mekanika adalah CFD atau computation fluid dynamics, dimana didalamnya terdapat metode yang memakai angka, algoritma serta komputer yang dipakai untuk melakukan analisis perhitungan. Namun di zaman sekarang kegiatan analisis tersebut tidak lagi dilakukan secara manual, banyak diantaranya yang mengandalkan perangkat atau software, diantaranya adalah ansys fluent, ansys fluent adalah sebuah software masa kini yang banyak dipakai dalam simulasi fluida.

Mengenal Ansys Fluent Adalah 

Di bidang penelitian, khususnya adalah tentang aerodinamika sebenarnya CFD memang banyak diterapkan, contoh yang paling dekat adalah di bidang simulasi aliran udara yang ada pada area sekitar pesawat, salah satunya pada bagian sayap (airfoil). Hal ini dilakukan dengan memakai ansys fluent. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengenal tentang Computational Fluid Dynamics dan penerapannya pada Ansys fluent. Ansys fluent adalah sesuatu yang mungkin masih asing bagi sebagian orang, apalagi yang tidak terlalu dekat atau akrab dengan bidang tersebut.

Secara sederhana sebenarnya ansys fluent adalah sebuah perangkat lunak yang dipakai untuk melakukan sebuah simulasi terhadap fluida dengan memakai metode numerik.. Tentu dengan adanya perangkat ini maka kegiatan simulasi akan berlangsung secara lebih mudah dilakukan, karena tidak perlu perhitungan yang dilakukan secara manual lagi.

Cara Kerja Dari Ansys Fluent Adalah

Selanjutnya setelah mengenal pengertian dari ansys fluent ini, maka Anda juga harus tahu mengenai kinerja atau cara kerjanya di dalam melakukan sebuah simulasi, yaitu meliputi beberapa hal berikut ini:

  1. Membuat model atau geometri awal, langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan pembuatan model atau geometri, biasanya langkah ini jika dilakukan secara konvensional membutuhkan waktu yang relatif lebih lama.
  2. Meshing geometri. Selanjutnya akan dilakukan meshing geometri yaitu proses pengukuran.
  3. Menentukan formula untuk kegiatan simulasi. Dalam langkah yang satu ini maka akan dibuat rumus dalam melakukan pengukuran, apa saja hal yang paling dibutuhkan dalam tahapan yang satu ini.
  4. Pembuatan boundary condition. Tahapan yang satu ini dilakukan dengan pembuatan batasan, sehingga pengukuran yang dilakukan tersebut nantinya bisa tepat, karena sudah ada batasan yang dibuat sebelumnya.
  5. Simulasi. Model atau formula yang sudah dipilih sebelumnya akan digunakan sebagai dasar dalam melakukan simulasi.
  6. Post processor untuk visualisasi hasil simulasi tersebut. Hasil dari simulasi akan dilihat dari proses yang satu ini, sehingga bisa dilakukan post processor.

Ansys Fluent Adalah Sarana Yang Membuat Pekerjaan Semakin Mudah

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa ansys fluent adalah sebuah software yang sering  digunakan dalam analisis CFD. Dimana dalam pemanfaatannya sendiri akan mempermudah pekerjaan, karena sudah tidak perlu lagi mengandalkan tenaga khusus, apalagi untuk perhitungan secara manual yang memang tingkat resiko terjadinya kesalahan juga lebih tinggi, dibandingkan dengan memakai sebuah alat atau software.

Ada berbagai keunggulan yang tentunya ditawarkan dengan hadirnya alat yang satu ini, diantaranya adalah:

  1. Akurasi yang tinggi, software atau perangkat lunak ini sudah teruji kualitasnya, dimana tingkat akurasi yang didapatkan dari pengerjaan tersebut nantinya juga semakin tinggi. Meskipun dalam satu simulasi hasil yang diterima juga jadi lebih cepat dibandingkan dengan sebelumnya.
  2. Simulasi menjadi 5X lebih cepat dibandingkan dengan simulasi konvensional atau yang dilakukan secara manual, kegiatan simulasi yang meliputi berbagai langkah seperti yang sudah dijelaskan di atas. Jika seandainya dilakukan secara manual sudah pasti membutuhkan lebih banyak waktu, berbeda halnya jika mengandalkan sebuah alat, maka kecepatan yang didapatkan bisa 5x dibandingkan dengan sebelumnya. Hasil yang diterima tentu saja akan lebih memuaskan.
  3. Dapat digunakan dengan permodelan wall recession.
  4. Dapat mengurangi jumlah sel hingga 70 persen, serta bisa melakukan adaptasi mesh secara mudah.
  5. Simulasi tersebut juga dapat dilakukan untuk pembakaran dekarbonisasi, dimana hal ini tidak bisa dilakukan dengan memakai software yang lain.
  6. Membantu meningkatkan produktivitas kerja, dengan pemanfaatan dari teknologi yang satu ini untuk kebutuhan simulasi, maka nantinya akan menghemat waktu kerja, karena hasilnya juga lebih cepat keluar. Sehingga pekerja juga bisa fokus dengan pekerjaan yang lainnya, tidak hanya pada satu simulasi saja, akibatnya produktivitas juga bisa semakin meningkat.

Ansys Fluent Adalah Software Dengan Banyak Keunggulan

Banyak yang mengatakan bahwa ansys fluent adalah software yang paling banyak keunggulannya untuk melakukan simulasi fluida karena memang punya banyak kelebihan dibandingkan yang lain, diantaranya adalah:

  1. Pemodelan yang dipakai punya kualitas terbaik di kelasnya dibandingkan dengan yang lain, karena hasil yang diterima juga jauh lebih akurat, tingkat akurasinya yang tinggi inilah yang membuatnya banyak dimanfaatkan.
  2. Mudah digunakan, tampilan muka atau interface yang dimiliki oleh software ini mudah untuk dipahami, termasuk diantaranya adalah komunikatif, sehingga untuk pemula sendiri tidak perlu khawatir karena dapat dengan mudah mengaplikasikannya, praktis serta cepat hasilnya.
  3. Efisiensi waktu, dalam pemakaiannya juga akan menghemat waktu, karena hasil akan diterima 5X kali jauh lebih cepat dibandingkan dengan memakai jenis software yang lainnya, cukup dikerjakan hanya dalam satu window. Jadi waktu bisa dimanfaatkan untuk kegiatan lain, tidak sekedar fokus di bagian simulasi ini.
  4. Dapat dipakai secara bersamaan, sehingga jadi lebih cepat baik itu untuk kegiatan meshing sampai dengan solvingnya sendiri.

Pastinya ansys fluent adalah solusi bagi perusahaan jika ingin memperoleh hasil lebih optimal dengan tingkat keakuratan tinggi dalam melakukan simulasi. Anda juga tidak perlu khawatir karena kegiatan simulasi tersebut bisa dipercayakan kepada jasa yang sudah berpengalaman, apalagi di Indonesia juga ada banyak perusahaan yang menawarkan layanan ini sehingga Anda bisa memilih yang sudah terpercaya. Lihat terlebih dahulu bagaimana reputasi perusahaan, apa saja layanannya serta seperti apa software yang akan digunakan.

Karena dengan pemanfaatan ansys fluent sebenarnya nanti berdampak besar pada hasil yang akan diterima dan sangat berguna bagi perusahaan, mulai diantaranya adalah untuk mengurangi adanya resiko kecelakaan di dalam industri, membantu pekerjaan jadi lebih cepat serta produktivitas yang kian optimal. Lalu dimana bisa memakai jasa yang benar-benar bagus? cukup percayakan hanya kepada Optimaxx.

Nama Optimaxx tentunya sudah sering Anda dengar bukan, karena memang punya banyak layanan di bidang teknologi, tidak sekedar untuk simulasi CFD ini saja, melainkan juga di bidang IoT. Apalagi Optimaxx ini punya pengalaman di bidang ini sudah cukup lama, ditambah lagi dengan banyaknya rekan klien yang sudah puas dengan layanan yang diberikan oleh Optimaxx. Teknologi yang mereka gunakan sudah lebih canggih atau maju dibandingkan dengan yang lain, jadi tidak perlu meragukan kualitasnya. Untuk informasi lebih lengkap mengenai layanan mereka bisa langsung akses ke situs resminya. Bisa juga dengan menghubungi lewat email resmi perusahaan yang ada di info@optimaxx.id.